Contoh Struktur Mendalam dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah saya memaparkan tulisan yang berjudul Perilaku Makan dan Penyakit Maag, anda dapat melihatnya disini. kali ini saya memaparkan tulisan tentang Contoh Struktur Mendalam dalam Kehidupan Sehari-hari. Struktur mendalam adalam suatu konsep dalam ilmu sosial yang acap kali digunakan oleh para ilmuan atau peneliti-peneliti sosial. Apa dan bagaimana contoh struktur sosial itu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya.

Seorang pria yang telah menikah membuka usaha yang bergerak di bidang kosmetik. Untuk menggerakkan bisnis yang baru dirintisnya, dia mengajak beberapa keluarganya untuk ikut memasarkan produk yang diusahakannya. Salah seorang keluarganya yang terlibat dalam pemasaran produk ini adalah mertuanya. Usaha yang digelutinya pun berjalan lancar dan memperoleh keuntungan sesuai yang ditargetkan.

Dalam setting ini, sang pria tersebut memiliki dua status yang secara bersamaan digelutinya, yaitu status sebagai pemilik usaha dan status sebagai menantu. Begitu juga halnya dengan sang mertua, disamping berstatus sebagai sales atau penjual, dia juga berstatus sebagai mertua dari pemilik usaha.



Pada kondisi-kondisi yang normal, interaksi antara keduanya (sang pria dengan sang sales yang juga mertuanya) berjalan sebagaimana halnya interaksi pemilik usaha dengan sales. Namun dalam kondisi tertentu, misalnya ketika salah seorang calon pembeli akan mengorder barang dalam jumlah banyak, pemilik usaha yang telah menyepakati paket harga tertentu rupanya tidak mampu menerapkan paket harga tersebut sebab calon pembeli ini memperoleh informasi dari sang mertua dan sang mertua menginginkan harga tertentu yang berbeda dengan harga dari pemilik usaha. Tentu saja sang pemilik usaha bisa mengambil keputusan berdasarkan hasil kesepakatan dengan mitra kerjanya di bidang produksi. Namun kenyataannya, tidak bisa berbuat banyak kecuali mengikuti keputusan sang mertua. Berbeda halnya dengan orang lain yang juga posisinya sama sebagai sales atau penjual atau agen. Dia dapat mengambil keputusan yang tegas. Nah, rupanya, status sebagai mertua sangat berpengaruh terhadap usaha ini dan hal inilah yang saya pahami sebagai perwujudan dari “struktur mendalam” yang tertanam melalui proses sosialisasi yang panjang sejak manusia itu dilahirkan pada lingkungan kebudayaan tertentu. Apa yang dipelajarinya dari kebudayaan asalnya pada dasarnya tetap berpengaruh dalam alam pikiran dan praktek kehidupan sehari-hari meskipun berbagai kebudayaan telah dipelajarinya dari luar, entah itu melalui bangku sekolah atau melalui media-media lain.

Referensi :
Referensinya sobat cari sendiri yaah karena belajar sangat butuh pengorbanan berupa kerja keras membaca buku (jurnal, makalah, media dll), diskusi dan menulis sebagai pengaktualisasian diri kalian.

Artikel ini berisi tentang contoh struktur mendalam dalam kehidupan sehari-hari. Suatu konsep yang digunakan sebagian peneliti dan ilmuan-ilmuan sosial. Bagaiamana konsep struktur mendalam terterapkan dalam kehidupan sehari-hari, selamat membaca